Jumat, 10 Februari 2012

"HAKIKAT SUKSES" Versi DR. 'Aidh Abdullah AL-Qarni

Kesuksesan di mata setiap manusia berbeda, meskipun ada standar kesamaan, yaitu kesuksesan adalah kebahagiaan. Dibawah ini sukses menurut DR. 'Aidh Abdullah AL-Qarni, yang diambil dari buku "Kunci Sukses" karya beliau yang diterbitkan Al-I'tishom. Semoga menginspirasi.
  1. Semua amal tergantung pada niatnya,maka niatkanlah kebaikan disetiap amal yang kita lakukan,bermanfaatlah bagi orang lain, dan hindari untuk menyakiti mereka.
  2. Jangan persempit pikiran kita dengan berbagai masalah, karena ia akan membuat pikiran kita berkarat, merusak akal, dan mengorbankan serta mengacaukan cita-cita kita.
  3. Bekerja dengan kesungguhan adalah jalan utama menuju kemuliaan, ia ibarat obat dan terapi bagi penyakit, bahkan ia ibarat harta simpanan.
  4. Nilai setiap orang terletak pada kebaikan yang dilakukan. Untuk itu orang yang berbuat kurang baik dipandang tidak bernilai sama sekali. Sementara orang yang gagal dipandang tercela, sedang orang yang bodoh dipandang rendah harga dirinya.
  5. Konsentrasikan perhatian kepada satu pekerjaan, perdalam, tekuni, dan cintai hingga anda menjadi profesional.
  6. Bekerjalah secara bertahap, kerjakan terlebih dahulu hal yang paling penting kemudian beralih kepada hal yang sederhana. Hindarilah terpecahnya konsentrasi dan terdistribusinya tenaga pada beragam pekerjaan, karena ia membingungkan pikiran, dan melemahkan tenaga.
  7. Kerapihan sangat mendukung jalan menuju kesuksesan. Meletakkan sesuatu pada tempatnya telah menjadi kebiasaan orang-orang sukses. Sebab ketidakteraturan dipandang sebagai sifat yang sangat tercela.
  8. Orang-orang yang sukses akan selalu menjaga keahlian dan potensi meraka. Mereka tidak akan menyia-nyiakan dan merusaknya.
  9. Hambatan merupakan kebaikan dan nikmat dalam pekerjaan. Ibarat minyak wangi baunya tidak akan semerbak harum kecuali setelah dituangkan dan kayu wangi tidak akan mengeluarkan bau harum kecuali setelah dibakar.
  10. Orang yang sukses, hawa nafsunya tidak akan mengalahkan akalnya. Kelemahannya tidak akan mengalahkan kesabarannya, dan tidak dapat diperdaya oleh hasutan-hasutan serta tidak disibukkan oleh sesuatu yang tidak berguna.
  11. Hindarilah rasa jenuh dan bosan, karena rasa jenuh tidak akan memberikan hasil, dan bosan tidak akan mengantarkan kepada kesuksesan. Sebaiknya tetap bersabar dan teguh pada pendirian.
  12. Barangsiapa yang teguh pendiriannya, ia akan bisa tumbuh dan berkembang. dan barangsiapa yang bersungguh-sungguh, ia kan mendapatkan apa yang diinginkannya. Barangsiapa menanam, ia akan menuainya. Barang siapa yang sabar dan memiliki harga diri, ia akan menjadi pemenang.
  13. Seekor semut akan terus berusaha berjalan naik sampai beribu kali. Lebah akan terus terbang dan pergi. Serigala akan rela meninggalkan kesenangannya demi mendapatkan makanan.
  14. Ketika pedang dijatuhkan, ia akan memotong benda dibawahnya. Ketika kilat menyambar, ia akan mengeluarkan cahaya terang. ketika mutiara diambil dari cangkangnya, ia akan bernilai tinggi, dan ketika air mengalir, ia akan memberi manfaat bagi sekitarnya.
  15. Orang yang malas akan selalu terpedaya, orang yang mengantuk akan tidur, orang yang mempunyai waktu luang akan menjadi pengangguran, dan orang yang hanya mempunyai angan-angan ia akan merugi.
  16. Orang yang pada permulaannya tidak mau berusaha, pada akhirnya ia tidak akan berhasil. Barangsiapa yang sungguh-sungguh diusia mudanya, ia kan menjadi sukses diusia tuanya.
  17. Ingatlah selalu di dalam Al-Qur'an terdapat kata, "Bersegeralah, Berlomba-lombalah, Bersungguh-sungguhlah, bersabarlah dan kuatkanlah kesabaran".
  18. Ingatlah ungkapan di dalam As-Sunnah, "Jagalah sesuatu yang bermanfaat bagimu, dan bersegeralah, untuk bekerja. Ada dua kenikmatan, yang manusia banyak ditipu oleh keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang".
  19. Orang yang hemat tidak akan miskin, orang yang bersungguh-sungguh tidak akan gagal, orang yang belajar diusia mudanya, akan menjadi sukses diusia tuanya.
  20. Harta ibarat raganya, uang ibarat gigi gerahamnya, dirham ibarat minyak wanginya, maka janganlah anda berlebihan dan bakhil.
  21. Sesungguhnya air yang menggenang akan berubah warnanya. burung bul-bul yang dikurung disangkarnya akan mati, dan singa yang diikat akan menjadi tak berdaya.
  22. Makanan yang paling lezat adalah makanan yang dimakan pada saat lapar. Air yang paling nikmat adalah air yang diminum pada saat haus. Tidur yang paling nyenyak adalah pada saat lelah. Dan kesuksesan yang paling indah adalah yang dicapai melalui pengorbanan.
  23. Buku itu mengajarkan kebijaksanaan, tetapi tidak melahirkan orang-orang yang bijaksana.
  24. Keahlian berenang tidak perlu dipelajari dari buku, tapi dipraktekkan di dalam air. Keahlian dalam berolah raga tidak hanya bisa dipelajari melalui layar televisi, tetapi harus dipraktekkan di lapangan.
  25. Dunia adalah arena pertarungan, dan hidup adalah pertaruhan. Derajat kemuliaan akan dapat dicapai melalui usaha yang keras. Dan kesuksesan dapat diraih dengan tekad yang kuat.
  26. Barangsiapa memiliki cita-cita yang menggelora, dengan jiwa membara, usaha yang giat, dan kesabaran yang terus menerus, maka dia adalah pribadi yang unggul.
  27. Orang yang cerdas adalah orang yang mampu menjaga dirinya dan berusaha untuk kehidupan setelah mati. Orang yang lemah adalah orang yang mengikuti hawa nafsunya dan hanya berangan-angan saja terhadap karunia Allah.
  28. Sebaik-baik tangan adalah tangannya para pekerja. Sebaik-baik kepala adalah kepala yang dicukur. Kantuk yang paling nyaman adalah kantuknya orang-orang yang shalat tahajud. Darah yang paling suci adalah darah para syuhada.
  29. Orang yang berperang dibarisan paling depan lebih agung daripada orang yang menaklukkan kota. Dan orang yang memerangi hawa nafsunya itu lebih mulia daripada memerangi tentara.
  30. Jadilah manusia, walaupun kakinya berpijak di tanah, akan tetapi cita-citanya setinggi bintang dilangit.
  31. Jangan sirami kehidupan dengan kehinaan, tetapi siramilah kematian dengan kemuliaan.
  32. Carilah dan jangan bosan mencari, karena penyakit orang yang mencari adalah bosan. Panjangnya tali yang diikatkan di batu akan tetap membekas.
  33. Sesungguhnya pahlawan dan penguasa dunia adalah orang yang tidak menyandarkan dirinya kepada orang lain selama di dunia.
  34. Orang yang kehilangan semangat akan menghabiskan umurnya dalam kebingungan, kekalahan, dan tidak adanya kesadaran.
  35. Manusia tidak akan dapat memperbaiki hawa nafsunya selama hawa nafsu itu masih menguasainya, kecuali jika ia mampu merubah dari satu keadaan ke keadaan lainnya.
  36. Hendaknya anda biasakan selalu berjalan-jalan, berolahraga dan menjaga kebersihan, karena orang-orang yang sukses adalah orang yang kuat dan sehat.
  37. Semoga Allah memberkahi hamba-Nya pada waktu pagi. Jika anda ingin bekerja, maka lakukanlah pekerjaan itu di pagi hari karena ia adalah waktu yang paling baik.
  38. Jangan berhenti melangkah, karena malaikat akan selalu mencatat apa yang kita kerjakan, sedangkan umur akan terus berkurang. Kematian pasti datang, setiap orang pasti akan mengalaminya, dan tidak akan pernah kembali.
  39. Barangsiapa yang menanam, maka akan tumbuh, muncul, dan membuahkan. Semua itu bisa saja akan menghasilkan penyesalan dan kerugian.
  40. Ketika anda berada di waktu pagi, jangan menunggu waktu sore. Segeralah gunakan kesempatan, dan waspadai hal yang tak terduga. Janganlah suka menunda-nunda pekerjaan dan merasa ragu-ragu. Jika anda telah bertekad melakukan sesuatu, maka selalu bertawakkallah kepada Allah.
  41. Jangan katakan telah hilang segala kesempatan, karena setiap orang yang berjalan pasti akan sampai tujuan.
  42. Kita dapat disebut profesional jika mempunyai kemampuan dan keahlian dalam bidang tertentu. Sungguh, setiap orang pasti telah mengetahui bakat dan keahlian dibidangnya masing-masing.
  43. Hinaan dan celaan tidak akan mempengaruhi orang-orang yang sukses, justru ia adalah cambuk baginya menuju kemuliaan dan kesuksesan, sebagaimana kata Abu Tamam, "Apabila Allah ingin menyebar kemuliaan, Allah membukanya melalui lisan para pendengki". 
  44. Kritikan orang yang dzalim adalah kekuatan bagi orang yang sukses, ibarat konsultasi gratis dan sosialisasi yang terhormat.  
  45. Apabila sampai kepada anda berita tentang kekurangan seseorang, maka ia adalah kesaksian atas kesempurnaan seseorang tersebut.
  46. Orang yang sukses adalah orang yang mampu melakukan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh orang lain, bahkan tidak bisa dilakukan oleh orang-orang besar. Dari itu ia dapat menimbulkan kekaguman dan keanehan terhadap orang lain karena kehebatannya. 
  47. Orang yang sukses adalah orang yang hidup tidak hanya dalam sebuah cerita, bukan orang yang hidup tanpa nilai, dan bukan orang yang hanya menjadi pelengkap bagi orang lain. 
  48. Barangsiapa yang cita-citanya hanya untuk hawa nafsunya (syahwat) dan mencari kenikmatan hidup saja, maka ia akan mengalami kegagalan dan akan terlihat jelas cacat dan aibnya. 
  49. Barangsiapa ikhlas mengabdi disuatu tempat, maka ia akan dihormati oleh orang sekitar. Barangsiapa selalu menelaah buku, maka ia akan dihormati oleh orang-orang besar.
  50. Diantara akhlak orang yang sukses adalah optimis dan tidak berputus asa, mampu memperbaiki kesalahan dan mampu keluar dari masalah, serta mampu merubah kerugian menjadi keberuntungan. 
  51. Tetesan demi tetesan akan menjadi sungai, dirham demi dirham akan menjadi harta, kertas demi kertas akan menjadi buku, dan waktu demi waktu yang dilewati akan menjadi usia.
  52. Hari kemarin telah tiada, hari ini sedang berjalan, dan esok belum terjadi. Maka gunakanlah kesempatan yang sempat tergadaikan, karena ia adalah harta rampasan kita.
  53. Orang mukmin tidak terlepas dari akal yang senantiasa berfikir, pandangan yang memberi palajaran, lisan yang berdzikir, hati yang bersyukur, dan sungguh-sungguh bersabar dalam bekerja.
  54. Dalam sedetik kita bisa bertasbih sebanyak 100 kali, membaca 1 halaman mushaf Al-Qur'an, menelaah tiga halaman buku, menulis satu surat dan membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 3 kali.
  55. Orang yang sukses akan dihormati di daerahnya, dan orang yang gagal akan dihina oleh semua orang , meskipun ia meminta maaf seribu kali.
  56. Barangsiapa bersegera mencari ilmu seperti terbangnya burung gagak di waktu pagi, bersabar seperti sabarnya keledai, mempunyai tekad seperti tekadnya singa, dan memanfaatkan kesempatan seperti serigala yang menerkam mangsanya, maka ia akan mendapatkan ilmu yang banyak.
  57. Orang yang malas akan terhalang, orang yang menganggur akan menyesal. Dengan bergerak akan mendatangkan keberkahan. Barangsiapa yang berusaha dan berjalan akan dapat mengalahkan banyak orang.
  58. Bersegeralah... Bersegeralah... sebelum habis sisa umur dan selesai penulisan amal. Saat dimana tidak tersisa lagi kesempatan beramal diwaktu malam maupun siang.
  59. Berlindunglah kepada Allah dari rendahnya cita-cita, lemahnya tekad, hinanya tujuan, buruknya tabi'at dan dungunya jiwa.
  60. Ilmu itu dihafalkan dengan mengamalkannya, mengajarkannya dan menuliskannya. Barangsiapa yang menghafal, mengulang, mempelajari, ilmu tersebut akan kokoh didalam hatinya.
  61. Orang yang sukses harus memiliki kekuatan dalam mempelajari ilmu, selalu berkonsentrasi, menjaga waktu, menghayati, dan memiliki obsesi yang kuat.
  62. Hambatan-hambatan kesuksesan antara lain adalah mengikuti hawa nafsu, nafsu amarah, dunia yang menyilaukan, cita-cita yang rendah, panjang angan-angan, disertai dengan menunda-nunda pekerjaan.
  63. Orang yang sukses akan menjauhkan diri dari pekerjaan yang hina, tidak menggantungkan pada pemberian orang lain,. Waktu istirahat baginya adalah kerja, dan waktu kerja seakan-akan istirahat baginya.
  64. Waktu luang akan dapat merusak pikiran. Sementara untuk mencari kesibukan adalah rintangan bagi manusia.
  65. Orang yang sukses adalah orang yang diridhai Allah karena keimanannya, disayangi keluarga karena kelembutannya, dicintai manusia karena akhlaknya, dihormati masyarakat karena manfaat yang diberikannya.
  66. Apabila seorang berjiwa besar, maka raga akan menjadi tenang melayaninya.
  67. Cita-cita setinggi bintang dan tekad yang kuat akan mampu mengguncang gunung.
  68. Jika tidak ada aral melintang, maka semua manusia akan menjadi pemimpin. Orang dermawan akan menjadi fakir, dan pemberani akan menjadi pembunuh.
  69. Cita-citaku adalah cita-cita sang raja, dan jiwaku adalah jiwa merdeka yang melihat kehinaan sebagai sebuah kekufuran.
  70. Jika ingin mendapatkan kemuliaan dengan murah, maka anda harus berani disengat lebah.
  71. Jika menginginkan kemuliaan yang dicita-citakan, maka jangan hanya puas dengan gemerlapnya bintang yang berpijar.
  72. Belum melihat aib pada manusia, sebelum melihat aibnya orang yang mampu melakukan kesempurnaan, tapi ia tidak mau melakukannya.
  73. Barangsiapa kemuliaan menjadi cita-cita dirinya, maka seluruh yang dijumpainya akan dicintainya.
  74. Semua kesulitan dapat dianggap mudah untuk mennggapai cita-cita. Karena cita-cita tidak akan bisa dicapai kecuali bagi mereka yang bersabar.
  75. Barangsiapa yang hina akan mudah dihinakan, karena orang yang mati tidak akan merasakan sakitnya luka.
  76. Seandainya bukan karena kelembutan penciptaan Allah, kemuliaan itu tidak akan tumbuh dalam daging ataupun urat manusia..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar